Osmosis dan difusi


 

I. Definisi

  • Osmosis adalah perpindahan pelarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah melalui membran semipermeable.
  • Difusi adalah proses pergerakan acak partikel-pertikel gas, cairan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah
  • Gradien konsentrasi larutan adalah perbedaan konsentrasi anatara 2 macam larutan

II.Persamaan

Osmosis dan difusi merupakan mekanisme nutrien pada waktu transport nutrien melewati membran yang bersifat pasif. Transport pasif memiliki arti bahwa mekanisme transport tersebut tidak melawan gradien konsentrasi sehingga tidak membutuhkan energi untuk melakukan mekanisme ini.

III. Perbedaan

Untuk memahami perbedaan tentang difusi dan osmosis harus dipahami konsepnya dahulu dengan baik. Perlu Anda perhatikan pada definisi masing-masing (silahkan baca ulang definisi di atas).

Dari definisi tersebut konsep yang perlu ditanamkan dengan baik bahwa:

  • Osmosis harus melewati membran. Jadi jika terjadi perpindahan pelarut tanpa melalui membran selektif semipermeabel bukanlah osmosis tetapi peristiwa tersebut adalah difusi. Perhatikan gambar berikut :

A

B

Gambar A adalah peristiwa osmosis.

penjelasan:

Gambar tersebut adalah 2 sel yang masing-masing memiliki membran plasma dan pada gambar tersebut terjadi perbedaan konsentrasi. Konsentrasi garam sebelah kanan lebih tinggi akibatnya volume pelarutnya lebih kecil dibandingkan dengan sel yang sebelah kiri.

karena definisi osmosis adalah perpindahan pelarut bukan perpindahan zat terlarut, maka akan terjadi perpindahan pelarut dari sel sebelah kiri ke sebelah kanan.

Pada gambar B, di sana tidak nampak adanya membran semipermeabel jadi peristiwa tersebut proses difusi bukan osmosis dimana yang pindah adalah partikelnya bukan pelarutnya(jika sebuah larutan), perpindahannya juga dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

dengan kata lain untuk membedakan osmosis dan difusi dapat dilihat dari 2 aspek , yaitu:

  1. ada tidaknya membran; jika tidak ada berarti difusi.
  2. objek apakah yang pindah. jika partikel yang pindah adalah difusi.

Artikel lain :

  • Macam-macam difusi
  • Macam-macam transport aktif

36 thoughts on “Osmosis dan difusi

  1. Guru saya bilang klau osmosis itu perpindahan dari konsentrasi rendah ke tinggi.. berarti yang dimaksud itu konsentrasi zat nya yang rendah bukan?
    Selain itu, kalo pada osmosis yang pindah kan pelarutnya , apakah karena zat itu tidak bisa menembus membran?
    Thankyou, artikelnya bagus mudah dimengerti

    • Selamat pagi amaliah, terima kasih sudah bertanya.

      konsep yang perlu Anda kuasai adalah mengenai definisi dari masing-masing istilah tersebut. Berikut perbedaan istilah tersebut.

      Difusi(dengan kondisi tertentu) dan osmosis itu proses trasnport molekul melalui membran. Sedangkan in vivo dan in vitro itu mengacu pada kondisi di dalam tubuh dan di luar tubuh. in vitro, ringkasnya, proses tersebut dilakukan di sebuah laboratorium dengan menggunakan sebuah alat yang ada di laboratorium.

      Dalam kasus ini saya tidak bisa menjabarkan lebih detail karena batasan permasalahannya tidak Anda sertakan, karena ada kemungkinan pertanyaan itu bisa Anda ambil dari makalah, prosiding pada level yang tinggi atau justru kurang paham dengan penggunaan istilah tersebut.

      terima kasih.

    • osmosis dan difusi terjadi pada hewan ataupun manusia bahkan mikroorganisme. sebagai hanya saja plasmolisi hanya terjadi pada tumbuhan karena dia memiliki dinding sel sedangkan hewan karena tidak memiliki dinding sel jadi dampak dari osmosis berupa krenasi bukan plasmolisis.

      silahkan jika masih ada pertanyaan lagi. terima kasih, semoga membantu.

    • proses tangan mengekerut ketika berlama-lama main di air laut, terus plasmolisis dan proses mengkerutnya sel darah merah. bisa juga Anda pakai contoh jaringan tubuh apa saja kemudian letakkan jaringan tersebut pada kondisi yang hipertonis atau hipotonis. misalnya bisa pake usus.

    • Pertanyaan yang bagus. Berarti Anda sudah benar memahami artikel yang saya tulis hanya tinggal meyakinkan diri Anda saja. Jadi saya tegaskan pada osmosis at terlarut tidak ikut berpindah seperti halnya pelarut. untuk zat terlarut pindahnya dengan transport aktif dengan atau difusi terfasililtasi atau juga dengna endositos. terima kasih atas pertanyaannya semoga mampu menyakinkan ANda jawaban saya ini. GBU

  2. thankyou banget atas artikelnya, setelah saya cari artikel kesana-kesini ternyata artikel yang membuat saya mengerti hanya disini. sekali lagi terimakasih ya sob….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s