Sintesis protein – transkripsi – translasi


transkripsi transalasi

Gb.1 sintesis protein / dogma

Sintesis protein terdiri atas 2 tahap, yaitu :

1. Transkripsi.

2. Translasi.

mari kita bahas satu persatu.

1. Transkripsi adalah proses menyalin data yang terdapat pada rantai sense (3′–>5″) DNA. Proses ini terjadi di dalam inti sel dimulai dengan pembukaan rantai DNA oleh enzim helikase. Setelah itu penempelan enzim polimerase pada daerah promotor sekuen gen dan barulah enzim polimerase mulai aktif menyalin kode genetik pada rantai sense DNA hingga bagian triplet basa nitrogen yang mengandung informasi untuk mengehentikan proses menyalin.

pemindahan kode dari 3′-5′-DNA ke m RNA

Hasil dari proses transkripsi adalah mRNA dengan kode pasangan yang terdapat pada rantai sense DNA. Rantai RNA yang mengandung kode ini disebut pula dengan kodon. Jadi mRNA adalah kodon. Setelah proses transkripsi selesai maka m-RNA akan segera bergerak meningggalkan inti sel menuju sitoplasma untuk melakukan proses selanjutnya(translasi).

2. Translasi adalah proses proses penerjemahan kodon menjadi asam amino dan menyambungkan setiap asam amino yang sesuai kodon dengan ikatan peptida menjadi protein. Organel yang aktif melakukan proses penerjemahan kodon adalah ribosom. Setelah ribosom melekat pada triplet kodon maka t-RNA yang berada di sitoplasma akan membawakan asam amino yang sesuai pada kodon.

tRNA

gb.2. t-RNA

pemindahan kode dari 5′-3′-mRNA menjadi protein

triplet anti-kodon terdapat pada t-RNA. Triplet ini akan berpasangan dengan triplet kodon sambil membawa sebuah asam amino. misal GUA akan membawa asama amino valin, UAA akan membawa asama amino tirosin. Dan dengan bantuan ribosom asama amino-asama amino tersebut akan digabungkan dengan ikatan peptida menjadi protein.

gb 3. tabel triplet kodon

 

Contoh : berikut ini adalah kode Rantai DNA pada kedua rantai.

5′ TAC AGT TGA GGG TTT TCC GTA ACT 3′

3′ ATG TCA ACT CCC AAA AGG CAT TGA 5′

–>yang dipakai adalah rantai sense atau rantai 3′-5′, jadi data yang digunakan adalah kode berikut :

3′ ATG TCA CCC AAA AGG CAT TGA ACT 5 –> sense

Setelah proses transkripsi selesai maka akan diperoleh kodon seperti berikut ini:

5′ UAC AGU  GGG UUU UCC GUA ACU  UGA3′ –> mRNA

Kemudian terjadi proses translasi yang akan menghasilkan protein yang tersusun atas asama amino- asam amino sebagai berikut (gunakan tabel triplet kodon pada  gambar 3 dengan menggunakan kode pada m-RNA):

UAC      AGU      GGG     UUU     UCC    GUA ACU   UGA

tirosin-serin-glisin-fenilalanin-serin-valin-threonin-stop

Ketika diterjemahkan stop(UGA)  maka proses translasi akan berhenti secara otomatis dan proses sintesis protein akan berhenti. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat video animasinya di link  kumpuilan video pembelajaran berikut ini.

http://konsepbiologi.wordpress.com/video-pembelajaran/

untuk mendownloadnya videonya, Anda baca saja cara downloadnya dengan membaca informasinya di halaamn tips dan trik pada blog ini. Silahkan klik di sini –> http://konsepbiologi.wordpress.com/tips-dan-trik/

atau link berikut ini:   Trik mendapatkan file swf atau video.

– Processing of Gene Information – Prokaryotes versus Eukaryotes
- Protein Synthesis
- How Spliceosomes Process RNA

Untuk latihan jelaskan ulang dengan kata-kata anda sendiri mengenai gambar berikut ini

75 thoughts on “Sintesis protein – transkripsi – translasi

  1. mas saya kurang faham ni misalkan rantai sense DNA memiliki urutan AAA TAC GAC CAT
    1. rantai antisens DNA tersebut adalah..
    2. hasil transkripsinya..
    3. dalam peristiwa translasi diperlukan tRNA sebanyak..
    4. rantai antikodonnya..

    • Baiklah ini jawabannya:
      1. rantai antisens DNA tersebut adalah TTT ATG CTG GTA
      2. hasil transkripsinya UUU AUG CUG GUA
      3. jadi dalam peristiwa translasi diperlukan tRNA sebanyak 4 buah
      4. tidak ada istilah rantai antikodon, yang ada adalah bagaimana susunan urutan antikodon AAA UAC GAC CAU

      Begitu!

  2. mas, tolong bantu ide nya donk..
    kami diberi tugas tutor sebaya.. materi na RNA, transkripsi dan translasi.. cara menjelaskny dgn permainan, media na karton dan plastisin.. itu cara brmain na gmana ya mas, biar tman2 lain ngerti,, dgn gambar gitu. di bantu ya mas..

    • Sebelumnya saya informasikan penggunaan plastisin yang dikombinasikan dengan karton sangat bervariasi tergantung kita. Disini saya hanya akan memberi contoh, semisal tidak sesuai dengan keinginan bapak atau ibu, bapak ibu bisa menyesuaikan dengan kondisi yang dirasakan pada waktu mengembangkan bahan ajar.
      kalo saya jika ada perintah seperti itu, maka

      1. kartonnnya akan saya potong-potong jadi basa nitrogen purin dan pirimidin. untuk purin diseragamkan warnanyauntuk membedakan dengan pirimidin. syaratnya ujung titik pertemuan basa purin dan pirimidin harus sesuai, tidak boleh tidak pas. disini saya akan menjelaskan konsep basa purin dan pirimidin yang dikemukanan oleh Chargaf.

      2. sedangkan plastisi saya akan gunakan untuk membuat rantai DNA yang terulir dan akan dibuka dengan helikase pada waktu pembukaan DNA sebelum proses transkripsi. selain itu plastisin akan saya gunakan untuk membentuk suatu bentukan membran inti untuk memperlihatkan perpindahan m-RNA dari nukleoplasma ke sitoplasma. selain itu saya juga akan manfaatkan plastisin untuk membuat t-RNA dan asam amino dengan warna plastisin yang berbeda, untuk menjelaskan hubungan asam-amino dan protein. jangan lupakan ribosom sebagai organel yang aktif berperan dalam sistesis protein.

      selamat berkreasi dan silahkan kembangkan sendiri media ajar Anda.

      semoga membantu.
      3.

  3. Mas mau tanya soal yg seperti ini
    Terdapat urutan basa nitrogen sbk pda sepotong rantai DNA sense
    CAA CAC GGC TAC TGT
    1. Tuliskan basa nitrogen komplemennya
    2. Bagaimana hasil reflikasi nya
    3. Tuliskan antikodon yg terbentuk
    4. Tuliskan macam-macam asam amino yg d’pesan
    5. Apa bedanya translasi dan transkripsi
    Minta bantuan nya mas buat ngerjakan tugas saya ini ..terima kasih

    • Sebelumnya ada konsep yang harus diperbaiki.
      1. sebenarnya pertanyaan pertama yang benar adalah tuliskan urutan basa nitrogen pada rantai komplemen DNA!
      2. Bukan refleksi akan tetapi pasangan basa nitrogen. karena refleksi adalah konsep cermin yang akan menghasilkan bayangan yang sama dengan benda yang direfleksikan.
      3, 4, dan 5. sudah benar.

      pembahasan.
      no 1.
      sense –> CAA CAC GGC TAC TGT
      maka urutan basa nitrogen pada rantai komplemen DNA-nya adalah GTT GTG CCG ATG ACA

      no 2.tidak bisa dijawab karena ada beberapa kemungkinan jawaban tergantung dari si pembuat soal. “refleksi” dari sense atau antisense, yang kedua konteksnya pada proses replikasi ataukah sintesis protein

      no 3. kodon yang terbentuk adalah mirip dengan rantai sense hanya saja berbeda dalam hal basa nitrogen timin dan urasil
      sense–> CAA CAC GGC TAC TGT maka antikodonnya adalah –>CAA CAC GGC UAC UGU

      no 4. dari sens CAA CAC GGC TAC TGT maka akan diperoleh kodon –> GUU GUG CCG AUG ACA, kemudian lihat tabel kodon. urutan asam aminonya menjadi valin-valin-prolin-metionin-sistein.

      no 5. perbedaan translasi dan transkripsi adalah jika transkripsi adalah proses penyalinan kode DNA ke m-RNA sedangkan translasi adalah proses menterjemahkan kode yang ada di M-RNA menjadi asam amino dan kemudian disatukan membentuk sebuah protein. baca lebih jelas konsepnya di http://konsepbiologi.wordpress.com/2011/09/22/sintesis-protein-transkripsi-translasi/

      Semoga membantu.

  4. siang mas, saya mau tanya, jika RNAt bergabung dengan asam amino apakah namanya harus RNA asam amino? lalu saya masih kurang mengerti mengenai konsep rantai 3-5 dan 5-3, tolong dijelaskan secara ringan mas agar saya dapat mengerti dan satu lagi, apa di sel darah terjadi sintesa protein?sedangkan sel darah merah tdk memiliki kromosom. trims

    • pertanyaan pertama
      Jika RNAt bergabung dengan asam amino apakah namanya harus RNA asam amino?
      jawab: bebas menggunakan istilah apa saja asalkan konsepnya jelas dahulu. contoh boleh menggunakan kalimat “rna yang sudah membawa asam-amino” atau “rna yang bergabung dengan asam amino”

      pertanyaan kedua
      Penjelasan : konsep 3-5 dan 5-3
      DNA ada dua rantai yang satu mengalami pemanjangan nukleotida dari atom C nomor 3 ke arah C no 5 dari gula deoksiribosa (rantai 3′–>5′) sedangkan rantai yang lainnya memanjang dari atom C nomor 3 ke arah C no 5 dari gula deoksiribosa (5′—>3′)

      Pertanyaan ketiga
      betul sekali, karena sel darah merah tidak mempunyai kromosom maka sel darah merah tidak terjadi sintesis protein dan akibatnya sel darah merah tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri. sebagai catatan perbaikan jaringan tubuh dilakukan dengan pembentukan protein terlebih dahulu.

      tq.

  5. –>yang dipakai adalah rantai sense atau rantai 3′-5′, jadi data yang digunakan adalah kode berikut :

    3′ ATG TCA ACT CCC AAA AGG CAT TGA 5‘ –> sense

    Setelah proses transkripsi selesai maka akan diperoleh kodon seperti berikut ini:

    5′ UAC AGU GGG UUU UCC GUA ACU UGA 3′ –> mRNA

    mas saya mau nanya, kok di mRNA nya UGA pindah ke terakhir? padahal harusnya sebelum GGG, terima kasih.

    • terima kasih, itu memang saya yang keliru menuliskannya. karena pada penulisan pertama setelah saya translasikan ternyata baru ditranslasikan 2 asam amino dah ketemu stop kodon, jadi saya pindah ke belakang. Tapi saya lupa memindahkan data DNA si ACT lupa saya pindahkan.

      Akan saya revisi. Terima kasih sudah meluruskan.
      Untungnya ada yang mengingatkan. saya monta maaf kepada pembaca yang kebingungan pada waktu belum revisi.

      sekarang info sintesis protein ini sudah benar semua.

      sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang peduli tentang kualitas informasi ini.

      GBU

  6. Mas,,sori sih mo tanya..kl di soal UN/SNMPTN kan biasanya proses transkripsi lalu translasi,,kl lbh singkat kan urutannya DNA antisense trs DNA sense trs RNAm trs RNAt,,,nah saya masih bingung dr DNA sense ke RNAm ada yg blg dirubah semua,,ada yg blg cm ganti timin dg urasil ,,yg lain G,C,A ga usah di ganti,,tlg penjelasannya doonk,,,
    Tks

    • Oke terima kasih sebelumnya, pertanyaan yang sangat baik sekali.

      Jadi untuk memecahkan permasalahan Anda. Anda harus bisa membedakan Basa nitrogen yang dijumpai pada DNA dan RNA.

      Secara ringkas perbedaan DNA dan RNA dalam aspek basa nitrogen, pada DNA hanya ada T, A, C, dan G. sedangkan pada RNA yang ada U, A, C dan G. Jadi Adenin ketika dalam proses replikasi DNA, Adenin akan dipasangkan dengan Timin karena yang dibentuk adalah rantai DNA yang baru, akan tetapi pada proses transkripsi, rantai polinukleotida yang akan dibentuk adalah RNA. Padahal RN tidak ada basa nitrogen Timin, jadi pada proses transripsi ke RNAm, pada adenin akan dipasangkan menjadi urasil sebagai gantinya timin.

      Untuk basa nitrogen yang lain semua sama, Timin akan dipasangkan Adenin, cytosin dengan guanin, dan guanin dengan sitosin, karena pada RNA semua basa nitrogen (A, C, G) ada.

      Silahkan bertanya kembali jika masih belum paham.

      semoga membantu, and good luck.

  7. Mas aq mau koreksi aja,kalo pembukaan untai rantai DNA bukan pake enzim ligase tapi girase..
    Klo enzim ligaze brfungsi untuk menyambungkan fragmen2 DNA yang sudah trbuka tadi..
    Itu yg saya pelajari dan dpat dr buku,selebihnya blog yg bagus mas..

  8. Saya ngasi apresiasi besar buat bang Eko…
    sy mahssiwa S1 kimia, ngambil S2 biokimia kedokteran, nanya ke teman2 soal ini (mereka sibuk), nyari d buku byk (bacax bingung), penyampaian dosen (bikin ngantuk krn ngg ngerti), satu per satu mulai jelas, di tambah artikel anda yg ringkas namun padat…
    Insya Allah bisa sy serap…Good Job Good Idea Good Luck

      • karena uang adalah bentuk lain atau konversi dari tenaga/keringat hasil kerja keras kita. nantinya dengan tenaga yang telah dikonversi itu, maka dengan mudah ia akan memenuhi kebutuhan hidup kita. jadi nilai uang itu setara dengan kerja keras kita. kita bekerja hanya untuk mengonversi kemampuan yang kita miliki dengan sesuatu yang kita butuhkan sedangkan kita sendiri, tidak mampu memproduksi/melakukan sesuatu tersebut tapi orang lain mampu.maka dengan uang tersebut kita jadi mampu melakukan yang tidak bisa kita lakukan.

        semoga bisa dipahami nilai kehidupan dari sebuah ATP ini. akan tetapi pesan saya jangan sampai kita menjadi hamba uang. kita bekerja harus dengan hati yang gembira. contoh saya ngeblog di sini, tidak mendapatkan apa2. tapi saya senang dengan kegiatan ini.

  9. Ping-balik: Kisi-kisi UAS Biologi semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 | Konsep Biologi

  10. Agan,kalo bolehnannya jadi yg namanya proses translasi itu terjadinya di mana sie.di sitoplasma apa di ribosom?s).dan maksud rantai 3ke5 itu apa.?apakah gugus fosfat ato gulanya.?tolong dijawab ya agan yg baik:)

    • Terima kasih Natania atas pertanyaannya.

      Answer I:translasi itu terjadi di wilayah sitoplasma(cairan sel).
      Pembahasan: proses sintesis protein terjadi dalam dua tahap transkripsi di dalam membran inti sedangkan translasi di sitoplasma. sedangkan organel yang bisa menyusun protein dari kode pada m-RNA adalah ribosom. Jadi pertanyaanmu itu benar, hanya saja sitoplasma itu tempat terjadinya translasi, sedangkan yribosom adalah organel yang terlibat aktif.

      answer II : rantai 3′-5′ adalah gugus gula dan fosfatnya.
      rantai 3′-5′ itu adalah aturan penamaan, terkait dengan terikatnya gugus fosfat pada sisi atam C(karbon) gugus gula no 3 dan kemudian penempelan fosfat berikutnya pada atom c nomor 5 dari gugus gula.

    • Oiya mas.boleh nannya lagi ga?.kalo rnaribosom.itu ada gunannya ga sih.di buku aku ga di kasih tau ke gunaannya.:(
      Tolong jawabannya mas:)

      • Silahkan bertanya apapun selama bisa dijawab akan saya jawab. Ribosom itu organel yang berfungsi untuk menggabungkan asam amino-asam amino menjadi protein. dengan kode yang ada pada kodon/m-RNA.
        konsepnya, data yang ada di rantai 3′->5′ akan di copi ke mRNA/kodon kemudian dari kodon diterjemahkan oleh si ribosom jadi protein. setiap triplet kodon akan jadi 1 buah asam amino.

    • Jika tidak Ada asam amino maka secara otomatis mekanisme homeostatis akan bekerja untuk mensintesis asam amino tersebut.namun Ada asam amino tertentu yang esensial Dan tidak disintesis oleh tubuh.artinya harus dikonsumsi melalui makanan.Dan jika tidak Ada Juga maka sintesis protein akan terhambat dan asumsi saya proses transkripsi tidak akan dilanjutkan sampai asam amino tersebut tersedia di dalam sel. Namun jika Ada literatur yang berkata lain,saya dengan senang hati meralatnya.sampai saat ini. Belum mendapatkan informasi atau menemukan kejadian tersebut.

  11. materinya jelas. saya ada pertanyaan, apabila asam amino yang sesuai tidak tersedia, maka apa yang akan terjadi pada proses sintesis protein? sebelumnya terima kasih

    • Jika tidak Ada asam amino maka secara otomatis mekanisme homeostatis akan bekerja untuk mensintesis asam amino tersebut.namun Ada asam amino tertentu yang esensial Dan tidak disintesis oleh tubuh.artinya harus dikonsumsi melalui makanan.Dan jika tidak Ada Juga maka sintesis protein akan terhambat dan asumsi saya proses transkripsi tidak akan dilanjutkan sampai asam amino tersebut tersedia di dalam sel. Namun jika Ada literatur yang berkata lain,saya dengan senang hati meralatnya.sampai saat ini. Belum mendapatkan informasi atau menemukan kejadian tersebut.

  12. Ping-balik: Replikasi DNA « konsepbiologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s