Latihan Ruang lingkup biologi


Inilah latihan yang bisa kalian lakukan untuk mengukur kemampuan mengenai pembelajaran tentang ruanglingkup biologi

1. Ruang lingkup biologi meliputi organisme yang uniseluler yang artinya …………………………. dan multiseluler yang artinya …………………… . Selain itu Biologi juga mempelajari organisme yang mikroskopis yang artinya ………………………………… dan mikroskopis yang artinya ……………………………………………

2. Tingkatan biologi mulai dari yang terendah yaitu sel hingga individu. Urutan hirarki tersebut adalah adalah sel, ……………………………….., ………………………….., ……………………., dan individu

3. Selain itu individu juga hidup dalam lingkungan dimana terjadi interaksi antar faktor yang hidup dan tak hidup hubungan yang demikian dikenal dengan  istilah ………. . Dilain pihak suatu individu akan berkumpul dengan individu yang sejenis untuk melakukan proses sosial seperti komunikasi dan reproduksi, hubungan yang demikian disebut dengan …………….. . Ada juga istilah lain yang menyatakan hubungan berbagai macam individu dalam suatu area/wilayah tertentu. sebagai contoh ada burung, ular, padi, rumput, belalang, manusia, ikan di suatu sawah. Contoh yang demikian dikenal dengan istilah ……. .

4.  Selain itu saking luasnya ilmu biologi dalam biologi perlu dibagi-bagi dalam mempelajarinya menjadi kelompok yang lebih kecil dan mengususkan pada kajian tertentu saja. Telah kita ketahui di dalam biologi mempelajari mahkluk hidup. mahkluk hidup ada burung, reptil, jamur, serangga, ikan dsb.

Bidang biologi yang mengkhususkan mempelajari tentang :

  • burung disebut ……
  • ikan disebut …..
  • reptil disebut …..
  • organsime yang tidak kasat mata disebut …..
  • serangga disebut …..
  • Hewan disebut …..
  • tumbuhan disebut …..
  • bakteri disebut …..
  • jamur disebut …..
  • fungi disebut …..

Selain beberapa di atas ada lagi cakupan yang lebih umum yaitu :

  • anatomi yaitu  …..
  • morfologi yaitu  …..
  • fisiologi yaitu  …..

Di dalam fisiologi sendiri bisa berkaitan dengan :

  • Parasitologi yaitu …..
  • Patologi yaitu  …..

5. Untuk memecahkan permasalahan biologi tidak dilakukan dengan asla-asalan tetapi dengan menggunakan suatu metode ilmiah. Metode ilmiah adalah …………………………………………………………………………………………………….. yang mencakup tahapan :

  1. Perumusan masalah
  2. ………………..
  3. ………………..
  4. ………………..
  5. ………………..
  6. Menarik kesimpulan

Karena biologi adalah sebuah ilmu maka biologi harus memenuhi syarat yaitu

  1. Bermetode artinya …..
  2. Berobjek artinya …..
  3. Universal artinya …..
  4. Sistematis artinya …..

Karakter dari ilmu pengetahuan antara lain :

  1. universal artinya …..
  2. konsisten artinya …..
  3. objektif artinya …..

Demikianlah semua hal tentang ruang lingkup biologi yang setidaknya harus kalian pahami.

Sebagai bahan refleksi dari melengkapi bacaan di atas lakukan latihan berikut ini.

  1. Sel adalah …
  2. berbagai jaringan akan bersatu membentuk sebuah …….. untuk mendukung suatu sistem dalam tubuh organisme.
  3. jantung, pembuluh darah, sel darah dibutuhkan dalam melangsungkan sistem  ……………….. .
  4. cabang biologi yang mempelajari tentang gejala penyakit dan penyebabnya dipelajari dalam ….
  5. ikhtiologi adalah ….
  6. Karakter ilmu yang menyajikan data apa adanya deberikan istilah …. .
  7. Biologi ilmu yang universal artinya …. .
  8. hipotesis adalah ….. .
  9. ekosistem adalah ……………………………………………………………………………………………….. sedangkan komunitas adalah ……………………………………………………………………………………
  10. Untuk mempelajari organsime uniseluler diperlukan …………

Jangan lupa latihan yan glain

  1. Virus
  2. Monera | Arkaeobakteria dan Eubakteria
  3. Prostisa
  4. Fungi

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s