Hubungan katabolisme Lipid, karbohidrat dan protein


Materi berikut ini kita akan mempelajari tentang hubungan lipid, karbohidrat dan protein dalam proses katabolisme. Untuk mempelajari hubungan ini Anda harus tahu mengenai proses katabolisme setiap makromolekul tersebut.

Pertama kita akan mempelajari konsepnya yaitu bahwa setiap makanan yang kita konsumsi akan disederhanakan terlebih dahulu menjadi bentuk yang paling sederhana, monomer, melalui beberapa tahap baik itu lemak, karbohidrat, maupun protein.

Dari gambar kita dapat mengetahui bahwa setiap makromolekul memiliki jalurnya sendiri untuk diubah menjadi energi. klik untuk memperbesar

jalur metabolik makromolekul

jalur metabolisme lemak glukosa dan protein

Pertama karbohidrat,

karbohidrat akan dipecah jadi monomernya yaitu monosakarida dan kemudian mengalami glikolisis menjadi asam piruvat.

glycolysis

Kedua protein,

katabolisme protein

Protein telah ita ketahui tersusun dari bermacam-macam asam amino. Karena bermacam-macam asam amino itulah maka asam amino akan memiliki banyak jalur dalam proses respirasi. Protein akan dipecah menjadi asam amino melalui proses hidrolisis kemudian mengalami transaminasi yaitu memindahkan gugus amino ke senyawa carrier (amino reseptor)

transamination_molecular

setelah itu mengalami deaminasi, melepaskan gugus amino dan diubah menjadi alpha-ketoglutarat dan NH3

Source

Dengan proses transaminasi alpha keto akan berubah menjadi asam piruvat631transam

Setelah jadi asam piruvat barulah masuk dalam jalur yang sama dengan jalur glukosa dalam bentuk senyawa asam piruvat dalam proses respirasi.

Ketiga adalah lemak/lipid,

Lipid dalam prosesnya menjadi sumber energi, ia akan dipecah dahulu menjadi asam lemak dan gliserol. Setelah itu masing-masing hasil pemecahan lipid akan masuk dalam jalur respirasi yang berbeda. Asam lemak akan mengalami proses beta oksidasi yang menghasilkan asam piruvat sedangkan gliserol akan diubah menjadi gliseraldehid 3 Phosphat.

Perhatikan gambar berikut ini, diketahui bahwa proses beta oksidasi menghasilkan bermacam-macam molekul. Hanya saja yang terkait dengan metabolisme karbohidrat dan protein adalah senyawa dalam bentuk asetil-CoA. Jadi hubungan  lemak dan karbohidrat adalah sama-sama melewati gliseraldehid 3 Phosphat (gliserol) dan asetil coA(asam lemak) sebagai jalur respirasi.

18.20

secara ringkasnya akan ditunjukkan lagi dalam gambar yang berbeda mengenai hubungan ketiganya sperti gambar berikut ini.

jalur metabolisme makromolekul

jadi hubungan ketiganya adalah ada pada senyawa yang sama dalam proses metabolisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s