soal mid semester II Biologi kelas x tipe 1


Berikut ini saya tuliskan soal mid semester II Biologi kelas x tipe 1 materi ujian akhir semester I ini meliputi

  1. Ruang lingkup biologi
  2. Keaneakaragaman hayati
  3. virus
  4. bakteri
  5. prostista
  6. fungi

link Soal ulangan akhir semester I untuk tipe 2 silahkan cek di bagian akhir posting ini

 

A. Pilih jawaban yang paling tepat.

1. Kebanyakan kita masih susah membedakan benda hidup dengan benda tak hidup. Tetapi kita setuju bahwa beberapa ciri dimiliki oleh benda-benda hidup. Di Bawah ini yang merupakan cirri-ciri dari mahluk hidup adalah …

A. Mobil melaju

B. HP berdering

C. Lampu neon Menyala

D. Pesawat terbang

E. Burung terbang

 

2. Seseorang akan melakukan transplantasi ginjal. Pada organisme tingkat apakah ginjal di pelajari?

A. sel

B. jaringan

C. organ

D. sistem organ

E. individu

 

3. Cabang ilmu biologi yang mendukung untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan keracunan makanan adalah … .

A. Biokimia

B. mikrobiologi

C. Anatomi

D. Fisiologi

E. ornitologi

 

4. Sebuah percobaan dilakukan untuk mengetahui efek hormon auksin, giberelin, dan unsur tambahan lain terhadap pemanjangan pohon kacang panjang, perlakuan yang di berikan adalah ( control ) E, ( tanpa auksin dan giberelin ) D, ( dengan auksin saja ) C, ( dengan auksin dan giberelin) B, ( dengan, giberelin dan ungsur lain ) A.

Perhatikan Grafik berikut:

grafik percoban

Tumbuhan manakah yang mengalami pertambahan panjang yang paling lambat ?

A. A

B. B

C. C

D. D

E. E

 

5. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman tingkat ekosistem adalah . . . .

A. genetis

B. lingkungan abiotik

C. adaptasi

D. materi genetik dan lingkungan

E. lingkungan dan adaptasi

 

6. Kelompok mana yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis atau spesies?

A. Buaya dan kadal

B. Merpati mahkota dan merpati pos

C. Kelapa hijau dan kelapa kopyor

D. Padi pelita dan padi cisadane

E. sesama anjing Dalmatians

 

7. Gambar berikut berbagai bentuk jengger ayam, menunjukkan keanekaragaman tingkat …

A. jenis

B. ekosistem

C. habitat

D. gen

E. bioma

 

8. Lebih mudah membedakan ciri antara padi dengan jagung dari pada membedakan ciri antara padi IR dengan padi cisadane karena ….

a. padi dan jagung satu familia

b. padi dan jagung tergolong rumput-rumputan

c. padi dan jagung berbeda familia

d. padi dan jagung berbeda species

e. padi dan jagung satu species

 

9. Hutan merupakan salah satu tempat yang tingkat keanekaragaman hayatinya sangat tinggi, karena di hutan dapat ditemukan berbagai jenis makhluk hidup. Karena itu hutan merupakan gudang ….

A. flora

B. organism

C. fauna

D. plasma nutfah

E. mikroorganisme

 

10. Mempelajari keanekaragaman hayati bermanfaat seperti tersebut di bawah ini, kecuali ….

A. mengenal jenis-jenis makhluk hidup

B. mengetahui manfaat jenis-jenis makhluk hidup

C. mengetahui kekerabatan antar makhluk hidup

D. mengenal ciri-ciri makhluk hidup

E. mengetahui pangsa pasar jenis-jenis makhluk hidup

 

11. Istilah yang menunjukkan gambaran kekayaan keanekaragaman hayati suatu wilayah adalah ….

A. Bioprospeksi

B. Biopestisida

C. Bioteknologi

D. Biodiversitas

E. biodegradasi

 

12. Hutan bakau di Kalimantan, hutan hujan tropis di Jawa Barat, dan savana di Papua, merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat …

A. genetik

B. ekosistem

C. spesies

D. populasi

E. individu

 

13. Dua zona zoogeografi yang dapat dijumpai di Indonesia yang menyebabkan Indonesia dikatakan sebagai Negara yang memiliki megabiodiversitas dalam wilayah yang relative sempit adalah karena Indonesia memiliki tipe … .

A. Ethiopia dan Oriental.

B. Oriental dan Paleartik

C. Oriental dan Australian

D. Ethiopia dan Australian

E. Australian dan Neotropik

 

14. Garis khayal Wallace memisah antara pulau-pulau . . . .

A. Sumatra dan Jawa

B. Jawa dan Bali

C. Sulawesi dan kalimantan

D. Sulawesi dan Maluku

E. Maluku dan Nusa Tenggara

 

15. Perhatikan cirri-ciri berikut ini!

1. Mammalian berukuran besar

2. Banyak dijumpai reptile

3. Corak bulu menarik

4. Tidak dijumpai hewan berkantung

5. Banyak dijumpai spesies kera dan sejenisnya

Dari pernyataan tersebut manakah yang merupakan cirri fauna di Indonesia bagian barat?

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 3, 4 dan 4

D. 1, 4, dan 5

E. 2, 4, dan 5

 

16. Perhatikan gambar berikut ini!

Spesies yang merupakn tipe hewan asli Indonesia adalah nomor … .

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 4

C. 1, 5, 6

D. 2, 3, 4

E. 3, 4, 5

 

17. Manakah pernyataan yang benar mengenai plasma nutfah … .

A. keseluruhan gen dalam ekosistem.

B. Tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan manusia.

C. Semakin sedikit akan memberikan kemudahan bagi manusia.

D. Peristiwa pelestarian alam.

E. Penyebab ketidak seimbangan lingkungan.

 

18. Upaya pelestarian satwa langka di kebun binatang dan taman safari tergolong pelestarian secara ….

a. eksitu

b. insitu

c. domestikasi

d. pelestarian di habitat aslinya

e. karantina

 

19. Contoh aktivitas manusia yang tidak bijaksana dalam menjaga keseimbangan ekosistem adalah … .

A. Membuang sampah pada tempatnya.

B. Menebang pohon di hutan yang masih lebat.

C. Berkreasi dengan menggunakan barang bekas.

D. Melakukan pengolahan limbah.

E. Mengurangi penggunaan plastik pada waktu berbelanja.

 

20. Faktor utama tekanan terhadap lingkungan adalah … .

A. Berkembangnya dunia industry

B. Punahnya suatu jenis spesies

C. Pembukaan lahan baru pertanian

D. Meningkatnya populasi manusia

E. Tidak tercukupinya kebutuhan akan lahan tempat tinggal

 

21. Berikut ini adalah komponen hirarki kehidupan:

1 = organisme 3 = komunitas

2 = populasi 4 = ekosistem

Urutan hirarki kehidupan dari yang tinggi ke yang lebih rendah adalah … .

A. 2-1-3-4

B. 2-4-3-1

C. 2-3-1-4

D. 4-1-3-2

E. 4-3-2-1

 

22. Kasus hama yang menyerang tanaman pertanian merupakan permasalahan biologi di bidang yang dipecahkan pada tingkat … .

A. individu

B. populasi

C. ekosistem

D. biosfer

E. komunitas

 

23. Dalam praktiknya, urutan langkah-langkah metode ilmiah yang paling benar adalah ….

A. observasi lingkungan – merumuskan masalah – mengadakan eksperimen – menarik kesimpulan

B. hipotesis – merumuskan masalah – melakukan eksperimen – menarik kesimpulan

C. merumuskan masalah – mengadakan eksperimen – menyusun hipotesis – menarik kesimpulan

D. melakukan eksperimen – menyusun hipotesis – merumuskan masalah – menarik kesimpulan

E. mengadakan observasi – menarik kesimpulan – merumuskan masalah – mengadakan eksperimen –

menyusun hipotesis

 

24. Pernyataan tentang pengelompokkan mahkluk hidup.

.1. memudahkan pengenalan …………………

2. memudahkan penyimpanan………………

3. membuat lebih teratur dan rapi

4. Memudahkan pencarian

5. Membuat beragam bentuk baru

Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….

A. 1 – 3 – 5……………………………………………..D. 2 – 3 – 5

B. 2 – 4 – 5……………………………………………..E. 1 – 2 – 3

.C. 1- 3– 4

 

25. Cabang biologi yang mengkhususkan bidang kajiannya pada fungsi organ atau jaringan makhluk hidup adalah …

A. morfologi

B. anatomi

C. sitologi

D. fisiologi

E. genetika

 

26. Dua makhluk hidup menempati daerah yang berbeda dapat dikelompokkan dalam spesies yang sama apabila … .

A. habitat dan warna rambutnya sama

B. cara reproduksi dan jumlah anaknya sama

C. dalam perkawinan menghasilkan keturunan yang fertil

D. warna dan bentuk rambutnya sama

E. makanan dan cara makanya sama

 

27. Untuk tingkatan takson tumbuhan yang tertinggi sampai terendah adalah … .

A. Filum – Kelas – Ordo – Familia – Genus – Spesies

B. Spesies-Genus-Familia-Ordo-Kelas-Divisi

C. Filum – Kelas – Familia – Ordo – Genus – Spesies

D. Divisi-Kelas-Ordo-Familia-Genus-Spesies

E. Spesies-Genus-Familia-Ordo-Kelas-Filum

 

28. Rubiaceae adalah nama yang menunjukkan tingkatan takson … .

A. Spesies

B. Genus

C. Ordo

D. Familia

E. Kelas

 

29. Berdasarkan system Binomial Nomenclature, cara penulisan yang paling benar untuk nama kelima spesies berikut ini adalah … .

A. Cocus Nucifera

B. Oriza sativa

C. Hibiscus rosa-sinensis

D. cavia cobaya

E. MUNTINGIA CALABURA

 

30. Zea mays adalah nama ilmiah tanaman jagung. Kata Mays pada nama ilmiah tersebut menunjukkan nama …………….

A. Spesies

B. Genus

C. Ordo

D. Familia

E. Jenis

 

31. Aturan pemberian nama spesies yang tidak sesuai dengan aturan binomial nomenclature adalah … .

A. nama ilmiah harus terdiri atas 2 kata

B. nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan

C. penulisan kata yang merupakan epithethon spesifikum diawali bukan dengan huruf kapital

D. kata pertama menunjukkan genus dari spesies tersebut

E. nama spesies ditunjukan oleh kata yang kedua.

 

32. Di dalam sistem klasifikasi jeruk bali (citrus maxima) dan jeruk nipis (citrus auran-tifilia) dan jeruk keprok (citrus mobilis) termasuk dalam satu kelompok yang sama dalam tingkat takson… .

A. ordo

B. familia

C. kelas

D. spesies

E. genus

 

33. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.

1. Panthera leo

2. Canis familiaris

3. Cavia cobaya

4. Panthera tigris

Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 1 dan 3

Perhatikan kunci determinasi sederhana berikut ini!untuk menjawab soal no 32 dan 33!

1. a. organisme bertulang belakang (2)

b. organism tidak bertulang belakang (3)

2. a. Alat gerak berupa sirip (ikan)

b. Alat gerak bukan berupa sirip (4)

3. a. Tubuh uniseluler (5)

b. Tubuh multiseluler (6)

4. a. Menyusui anaknya (kelinci)

b. Tidak menyusui anaknya (7)

5. a. Memiliki alat gerak (8)

b. Tidak memiliki alat gerak (Sporozoa)

6. a. Tubuh berbuku-buku (9)

b. Tubuh tidak berbuku-buku (bekicot)

7. a. Mengalami metamorfosis (kupu-kupu)

b. Tidak mengalami metamorfosis (10)

8. a. Alat gerak berupa bulu cambuk (Trypanosoma)

b. Alat gerak berupa rambut getar (Paramecium)

9. a. Tubuh terbagi menjadi 2 bagian dengan jelas (11)

b. Tubuh terbagi menjadi 3 bagian dengan jelas (Insecta)

10. a. Tubuh ditutupi bulu (burung)

b. Tubuh tidak ditutupi bulu (cicak)

11. a. Memiliki 4 pasang kaki (kalajengking)

b. Memiliki 5 pasang kaki (udang)

 

34. Dari kunci determinasi di atas dapat diketahui bahwa udang tidak memiliki cirri-ciri morfologi … .

A. Tubuh berbuku-buku

B. Tubuh tidak ditutupi bulu

C. Bertulang belakang

D. Multiseluler

E. Memiliki 10 kaki

 

35. Kunci determinasi untuk menunjukkan Paramaecium adalah … .

A. 1a-2b-3a-5a-8b

B. 1b-2a-3a-5a-6b-7a-8b

C. 1b-3a-5b-8b

D. 1b-3a-5a-8b

E. 1a-3b-5a-8b

 

36. Dalam jenjang takson, semakin tinggi tingkatan takson maka perbedaantnya …

A. semakin sedikit

B. semakin banyak

C. semakin rendah

D. tetap

E. tak bisa ditentukan

 

37. Pada dasarnya pengelompokkan makhluk hidup dilakukan berdasarkan … .

A. persaman makhluk hidup

B. habitat makhluk hidup

C. ukuran makhluk hidup

D. bentuk tubuh makhluk hidup

E. persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup

 

38. Pernyataan yang kurang tepat dengan dampak posittif penelitian biologi dalam bidang pertanian adalah … .

A. Bisa mengenadalikan hama pengganggu tanaman

B. peningkatkan keberhasilan produksi panen

C. pembukaan lahan baru untuk peternakan

D. diketahui cara mengusahakan dengan efektif dan efisien

E. peningkatkan kesejahteraan petani

 

39. Seorang siswa kelas X ingin mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap

pertumbuhan tanaman bawang merah. Rumusan masalah dari rencana penelitian tersebut adalah ….

A. Apakah pupuk kandang lebih mudah diperoleh?

B. Bagaimanakah mekanisme penye rapan pupuk kandang oleh tanaman bawang merah?

C. Apakah tanaman bawang merah cocok dipupuk dengan pupuk kandang?

D. Bagaimana pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah?

E. Apakah pertumbuhan tanaman bawang merah yang baik menyebabkan hasil produksi juga meningkat?

 

40. Pengklasifikasian tumbuhan dengan sistem artificial/buatan dilakukan berdasar … .

A. Manfaatnya bagi manusia

B. struktur anatomi dan fisiologi

C. kekerabatan

D. kesamaan tatanan biokomia

E. perbedaan bentuk dan fungsi

Essai! Jawablah dengan singkat dan jelas

1. Sebutkan 2 ciri fauna tipe asiatis!

2. Jelaskan 3 kegiatan yang dilakukan dalam systematika!

3. Apakah kaitan kunci determinasi dan kunci dikotomi?

4. Apakah dasar pembagian fauna di Indonesia menjadi tiga wilayah?

5. Sebutkan 3 macam kelompok perlindungan alam?

 

jangan lupa likenya terima kasih, berikut ini link untuk soal ulangan akhir semester I ganjil tipe 2

Tinggalkan komentar